kembang api


star

Sabtu, 26 September 2020

Surat lamaran kerja

A.    Surat lamaran kerja

     Surat lamaran kerja merupakan point penting yang menentukan apakah dapat  diterima kerja dalam rumah sakit yang akan dilamar atau tidak, dan dalam membuat surat lamaran kerja juga harus mempromosikan diri sebaik mungkin tapi tidak mengada- ngada agar bisa menjadi nilai tambah untuk ketertarikan pihak HRD merekrut bekerja.


B. Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

    1.  Baca dengan baik persyaratan yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan tersebut. Hal      ini dibutuhkan agar isi surat lowongan pekerjaan tidak keluar dari konteks.

   2. Tulislah surat lamaran kerja dengan kata yang merupakan bahasa baku menurut Kamus    Besar Bahasa Indonesia.

   3.  Gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas, sopan, dan menarik.

  4. Tujuan surat harus jelas. Nama yang dituju harus telah dipastikan benar ejaan namanya, gelar, dan jabatan, begitu pula dengan alamat rumah sakit.

   5.   Setelah selesai menulis surat lamaran kerja. Baca sekali lagi, pastikan tidak ada salah ketik. Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, serta tidak ada kata yang sering diulang-ulang.

  6.   Baik surat lamaran kerja yang ditulis tangan maupun diketik, pastikan kertas yang dipakai bersih. Tidak ada kotoran, bekas terlipat, bekas dihapus, bekas tip-ex, atau kotoran apapun itu.

  7.  Pastikan tulisan yang ditulis dapat terbaca. Hindari menggunakan tulisan tegak bersambung. Alasi tangan menggunakan tisu ketika menulis agar kertas tidak kotor maupun tiba-tiba terlipat.

  8.   Gunakan pena tinta hitam.

C.       Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

1.      Perihal ( pojok kiri)

2.      Tempat dan tanggal penulisan surat (Pojok kanan)

3.      Kepada Yth. (direktur, nama rumah  sakit) yang dituju.

4.      Alamat lengkap rumkit juga tidak boleh dilewatkan.

5.      Salam pembuka (dengan hormat, saya yang bertanda tangan dibawah ini)

6.      Identitas diri (nama, tempat/ tgl lahir, pendidikan, agama, status perkawinan, alamat, nomor hp, alamat email)

7.      Pengalaman kerja dan kemampuan Anda

Jika sebelumnya sudah pernah bekerja, tuliskan pekerjaan sebelumnya  (sebagai apa? Contohnya sebagai perawat pelaksana atau karu, Dirumah sakit apa? Contohnya dirumah sakit ery fams,  Alasan keluar kenapa? Contohnya ingin melanjutkan pendidikan S2 dijepang)

Jika belum pernah bekerja (fresh-graduate) tidak usah tulis pengalaman. Namun cukup tulis kemampuan yang sekiranya dibutuhkan dalam tahap pengalaman baru untuk bekerja.

8.      Lampiran surat lamaran kerja

Agar rumah sakit yang dituju semakin yakin untuk menerima, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai, seperti:

1.      pas photo warna

2.      fotocopy ktp

3.      surar lamaran yang ditunjukan untuk Direktur

4.      cv

5.      fotocopy ijazah terakhir

6.      fotocopy transkip nilai

7.      fotocopy STR

8.      fotocopy BTCLS

8.      Penutup

Tulislah harapan untuk di terima bekerja dirumah sakit dan ucapakan terimakasih.

10. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)


D. Contoh Surat Lamaran Kerja


dan  jika ada dipersayaratan rumah sakit yang mengharuskan menggunakan surat kesanggupan kerja 3 shift, ini bisa menjadi pedoman juga ya guys






Tidak ada komentar:

Posting Komentar