kembang api


star

Rabu, 04 November 2015

STRATEGI PELAKSANAAN (SP) DPD



SP DPD (DEFISIT PERAWATAN DIRI)

STATEGI PELAKSANAAN (SP) 1 : PENGKAJIAN DAN MELATIH CARA MENJAGA KEBERSIHAN DIRI : MANDI, MENCUCI RAMBUT, SIKAT GIGI, POTONG KUKU.
A. Proses Keperawatan
1.      Kondisi Klien.
Data subjektif :
·        Klien mngatakan malas mandi dan lebih enak tidak ganti baju.
Data objektif :
·         Klien terlihat kotor, rambut tidak disisr, baju agak kotor, bau dan menolak diajak mandi.
2.      Diagnosa Keperawatan.
·         Defisit Keperawatan Diri
3.      Tujuan Tindakan Keperawatan.
a.       Klien dapat membina hubungan saling percaya.
b.      Klien dapat menjelaskan pentingnya kebersihan diri.
c.       Klien dapat menjelaskan cara menjaga kebersihan diri.
d.      Klien dapat melaksanakan perawatan diri dengan bantuan perawat.
e.       Klien dapat melaksanakan perawatan diri secara mandiri.
4.      Tindakan Keperawatan.
a.       Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien.
b.      Menjelaskan kebersihan yang baik. 
c.       Membantu klien mempraktekkan cara kebersihan yang baik.
d.      Menganjurkan klien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian.



B.     STRATEGI KOMUNIKASI
1.      Fase Orentasi.
a.       Salam Terapeutik.
Assalamualaikum..!!! selamat pagi bu… perkenalkan nama saya belia. Saya mahasiswa praktek dari Fakultas Keperawatan UNAND yang akan dinas di ruangan flamboyan  ini selama 2 minggu. Hari ini saya dinas pagi dari jam 07:00 pagi sampai jam 14:00 siang. Saya akan merawat ibu selama di rumah sakit ini. Nama ibu siapa? Senangnya ibu di panggil apa?
b.      Evaluasi / Validasi.
Bagaimana perasaan Bu hari ini? apakah ibu sudah mandi?.
c.       Kontrak.
ü  Topik :
Baiklah Bu, bagaimana kalau kita mendiskusikan tentang kebersihan diri?
ü  Waktu :
Berapa lama Bu mau berbincang-bincang? Bagaimana kalau 20 menit?
ü  Tempat :
Ibu mau berbincang-bincang dimana? Bagai mana kalau di ruang tamu?.

2.      Fase kerja.
Masalah kebersihan diri
Berapa kali ibu mandi dalam sehari? Menurut ibu apa kegunaan mandi? Apa alasan ibu sehingga tidak bisa merawat diri? Menurut ibu apa manfaatnya kalau kita menjaga kebersihan diri? Kira-kira tanda-tanda orang yang merawat diri dengan baik seperti apa? Kalau kita tidak teratur menjaga kebersihan diri masalah apa menurut ibu yang bisa muncul? Sekarang apa saja alat untuk menjaga kebersihan diri, seperti kalau kita mandi, cuci rambut, gosok gigi apa saja yang disiapkan? Benar sekali, ibu perlu menyiapkan pakaian ganti, handuk, sabun sikat gigi, odol, shampo serta sisir. Wah bagus sekali, ibu bisa menyebutkan dengan benar.

  Masalah berdandan
apa yang ibu lakukan untuk merawat rambut dan muka? Kapan saja tina menyisir rambut? Bagaimana dengan bedakan? Apa tujuan kita sisiran dan bedandan? Jadi bisakah ibu sebutkan alat yang digunakan untuk berdandan? Betul, bagus sekali sisir, bedak dan lipstik.

Masalah makan dan minum
Berapa kali ibu makan sehari? Iya bagus ibu makan 3 kali sehari. Kalau minum sehari berapa gelas bu? Betul, minum 10 gelas perhari. Apa saja yang disiapkan untuk makan?  Dimana ibu makan? Bagaimana cara makan yang baik menurut ibu? Apa yang dilakukan sebelum makan? Apa pula yang dilakukan setelah makan?

Masalah BAB dan BAK
            Berapa kali ibu BAB sehari? Kalau BAK berapa kali? Dimana biasanya ibu BAB/BAK? Bagaimana membersihkannya?
            Kita sudah bicara tentang kebersihan diri, berdandan, berpakaian, makan dan minum serta BAB dan BAK. sekarang bisakah ibu cerita bagaimana cara melakuakn mandi, keramas dan gosok gigi. Ya benar
            pertama ibu bisa siram seluruh tubuh ibu termasuk rambut lalu ambil shampo gosokkan pada kepala ibu sampai berbusa lalu bilas sampai bersih.selanjutnya mabil sabun, gosokkan diseluruh tubuh secara merata lalu siram dengan air sampai bersih, jangan lupa sikat gigi pakai odol.. giginya disikat mulai dari arah atas ke bawah. Gosok seluruh gigi ibu mulai dari depan ke belakang. Bagus lalu kumur-kumur sampai bersih. Terakhir siram lagi seluruh tubuh ibu sampai bersih lalu keringkan dengan handuk. Ibu bagus sekali melakukannya. Selanjutnya ibu bisa pasang baju dan sisir rambutnya dengan baik

3.      Terminasi.
a.       Evaluasi subjektif dan objektif :
Bagaimana perasaan ibu setelah kita mendiskusikan tentang pentingnya kebersihan diri, manfaat dan alat serta cara melakuakan kebersihan diri? Sekarang coba ibu ulangi lagi tanda-tanda bersih dan rapi? Apa saja alat untuk menjaga kebersihan diri, bagaimana cara menjaga kebersihan diri? Bagus sekali ibu sudah menjawabnya dengan benar. Bagaimana perasaan ibu setelah mandi? Coba lihat dicermin, lebih bersih dan segar ya.
b.      RTL
Baiklah ibu. Kalau mandi yang paling baik sehari berappa kali bu? Ya bagus mandi 2 kali sehari, sikat gigi 2 kali sehari, keramas 2 kali seminggu. Nanti ibu kemasukan ke jadwal ya bu. Jika ibu melakukanya secara mandiri makan ibu menuliskan M, jika ibu melakukannya dibantu atau diingatkan oleh keluarga atau teman maka ibu buat ibu, Jika ibu tidak melakukanya maka ibu tulis T. apakah ibu mengerti? Coba ibu ulangi? Naah bagus ibu.
c.       Kontrak yang akan datang :
ü  Topik :
Baik lah ibu bagaimana kalau besok kita berbincang-bincang tentang cara berdandan. apakah ibu bersedia?
ü  Waktu :
Ibu mau jam berapa? Bagaimana kalau jam 11:00?
ü  Tempat :
Ibu maunya dimana kita berbincang-bincang? Bagaimana kalau di ruang tamu?? Baiklah bu besok saya akan kesini jam 11:00 sampai jumpa besok ibu. saya permisi Assalamualaikum WR,WB.

STATEGI PELAKSANAAN (SP) 2 : MELATIH CARA BERDANDAN SETELAH KEBERSIHAN DIRI : SISIRAN, RIAS MUKA UNTUK PEREMPUAN.
A.             Proses Keperawatan
1.      Kondisi Klien.
Data subjektif :
·         Klien mengatakan sudah mandi
·         Klien mengatakan malas menyisir rambut
Data objektif :
·         .Klien terlihat lebih segar
·         Klien rambut terlihat tidak disisir

2.      Diagnosa Keperawatan.
·         Defisit perawatan diri.

3.      Tujuan Tindakan Keperawatan.
a.        Pasien dapat mengetahui pentingnya perawatan diri (Berdandan)
b.         Pasien dapat mengetahui cara-cara melakukan perawatan diri (Berdandan).
c.        Pasien dapat melaksanakan perawatan diri (Berdandani) dengan bantuan perawat.
d.       Pasien dapat melaksanakan perawatan diri (Berdandan) secara mandiri.
e.        Pasien mendapatkan dukungan keluarga untuk meningkatkan perawatan diri (Berdandan)

4.      Tindakan Keperawatan.
a.       Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien.
b.      Menjelaskan cara berdandan yang benar.
c.       Membantu pasien mempraktikkan cara berdandan yang benar dan memasukkan dalam jadwal.
d.      Menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian.

B.     Strategi Komunikasi
1.      Fase Orentasi.
a.       Salam Terapeutik.
Assalamualaikum bu, Selamat pagi bu, masih ingat dengan saya?
b.      Evaluasi/ Validasi :
Bagaimana dengan perasaan ibu hari ini? Apakah ibu sudah mandi?. Tampak bersih sekali, rambut juga sudah disisir, kukunya sudah digunting yah? Bagus sekali. Kalau gosok giginya bagaimana? Bagus sekali ternyata sudah ibu lakukan. Coba saya lihat jadwalnya? Bagus sekali ibu sudah melakukannya. Mandi 2 x sehari sudah dilakukan dengan mandiri, gosok gigi sehari juga sudah, keramas 2 minggu sekali juga sudah mandiri, gunting kuku juga sudah 1 x seminggu, kalau ini masih dibantu kemaren ya bu. Yang masih dibantu sama suster nanti ibu melakukannya sendiri.
c.       Kontrak :
ü  Topik :
Masih ingat apa yang mau kita bicarakan hari ini. Hari ini kita akan latihan berdandan.  Apakah ibu bersedia?
ü  Waktu :
Berapa lama ibu mau berbincang-bincang? Bagaimana kalau 20 menit?
ü  Tempat :
Ibu mau berbincang-bincang dimana? Bagai mana kalau di ruang tamu?
2.      Fase Kerja.
Baiklah ibu, sebelum berdandan alat apa saja yang harus disiapkan? Ya benar sekali sisir, bedak dan lipstik. Bagaimana cara ibu berdandan? Apakah menyisir rmabut dulu? Bagaimana cara ibu menyisir? Sekarang sisir rambut dulu ya. Bagus sekali coba lihat dikaca, sudah rapi? Apa kebiasaan ibu berdandan apakah ibu memakai bedak? Lanjutka dengan merias muka, bagus . ibu tampak cantik. Apakah ibu mau pakai lipstik? Iya pakainya tipis saja. Coba lihat dikaca cantik ya.

3.      Terminasi.
a.       Evaluasi subjektif dan objektif :
Bagaimana perasaan ibu setelah kita latihan cara berdandan? Lebih cantik dan rapi ya? Bisa tina sebutkan lagi apa saja alat yang diperlukan untuk berdandan? Yah bagus sekali. Sekarang coba sebutkan caranya bagaimana? Wah tina memang hebat.
b.      RTL :
Baiklah ibu kita sudah melakukan berdandan kita masukan kedalam jadwal ya. Berapa kali akan ibu lakukan? Dua kali sehari? Sehabis mandi yaa? Jadi tina bisa tulis dijadwal harian setiap habis mandi, tina bisa langsung berdandan. Selanjutnya jangan lupa untuk melakukan sesuai jadwal yah bu, mandi 2 kali sehari, gosok gigi 2 kali sehari juga, keramas 2 kali seminggu, gunting kuku 1 kali seminggu, ganti baju dan berdandan habis mandi
c.       Kontrak yang akan datang :
ü  Topik :
Baik lah ibu besok kita akan ketemu lagi dan membicrakan tentang kebutuhan dan latihan cara makan dan minum yang benar, apakah ibu bersedia?
ü  Waktu :
Ibu mau jam berapa? Bagaimana kalau jam 11:00
ü  Tempat :
Ibu maunya dimana kita berbincang-bincang? Bagaimana kalau di ruang tamu? ? Baiklah bu besok saya akan kesini jam 11:00 sampai jumpa besok bu. saya permisi Assalamualaikum WR,WB.

STATEGI PELAKSANAAN (SP) 3 : MELATIH CARA MAKAN DAN MINUM YANG BAIK.
A.          Proses Keperawatan.
1.      Kondisi Klien.
Data subjektif :
·         .klien mengatakan sudah mandi dan menyisir rambut
·         klien mengatakan tidak tahu cara makan dan minum yang baik dan benar
Data objektif :
·         klien terlihat lebih segar dan rambut terlihat rapi
·         klien mengatakan tidak tahu cara makan dan minum yang baik dan benar.
·         Klien terlihat berserakan ketika makan dan minum

2.      Diagnosa Keperawatan.
·         Defisit Perawatan Diri.

3.      Tujuan Tindakan Keperawatan.
a.       Pasien dapat mengetahui peralatan yang digunakan untuk makan.
b.       Pasien dapat mengetahui cara-cara makan dan minum yang baik dan benar.
c.        Pasien dapat melaksanakan makan dan minum yang baik dan benar dengan bantuan perawat.
d.       Pasien dapat melaksanakan cara makan dan minum yang baik secara mandiri.

4.      Tindakan Keperawatan.
a.       Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien.
b.      Menjelaskan cara makan dan minum yang baik dan benar.
c.       Membantu pasien mempraktikkan cara makan dan minum yang benar dan memasukkan dalam jadwal.
d.      Menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian.

B.     STRATEGI KOMUNIKASI
4.      Fase Orentasi.
d.      Salam Terapeutik.
Assalamualaikum bu, Selamat pagi bu, masih ingat dengan saya?
e.       Evaluasi/ Validasi :
Bagaimana dengan perasaan ibu hari ini? Hari ini saya lihat ibu sudah bersih ya, rambut juga sudah disisir rapi, pakai bedak, kukunya sudah digunting, bajunya juga cantik. Bagus sekali. Kalau gosok giginya bagaimana? Bagus sekali ternyata sudah ibu lakukan. Coba saya lihat jadwalnya? Bagus sekali ibu sudah melakukannya. Mandi 2 x sehari sudah dilakukan dengan mandiri, gosok gigi sehari juga sudah, keramas 2 minggu sekali juga sudah mandiri, gunting kuku juga sudah 1 x seminggu, sudah dilakukan secara mandiri. Jadi tina sudah bagus tentang kebersihan dirinya. Kalau berdandan dilakukan sama siapa bu? Oh sudah sendiri bagus sekali. Kalau berpakaiannya bagaimana? Dilakukan sendiri, bagus sekali.
f.       Kontrak :
ü  Topik :
Masih ingat apa yang mau kita bicarakan hari ini. Hari ini kita akan bicara tentang kebutuhan makan dan minum, cara makan dan minum.  Apakah ibu bersedia?
ü  Waktu :
Berapa lama ibu mau berbincang-bincang? Bagaimana kalau 30 menit?
ü  Tempat :
Ibu mau berbincang-bincang dimana? Bagai mana kalau di ruang tamu?

5.      Fase Kerja.
Baiklah ibu, sekarang kita akan diskusikan tentang kebutuhan makan pada orang dewasa sepertin ibu dalam satu hari. Kebutuhan makan perhari dewasa untuk perempuan antara 2000-2200 kalori dan untuk laku-laki antara 2400-2800 kalori setiap hari. Biasanya pada orang dewasa membutuhkan semua itu didapat dari makanan seperti makanan pokok untuk memberi rasa kenyang : nasi, jagung, ubi jalar, singkong, dll selain itu perlu juga lauk seperti : lauk hewani berupa daging ayam, ikan dll serta lauk nabati seperti kacang-kacangan, hasil olahan tahu, dan tempe. Sayur diberikan untuk memberikan rasa segar dan melancarkan proses menelan makanan, karena biasanya dihidangkan dalam bentuk berkuah : sayur dan umbian, kacang-kacangan, buah dan susu sebagai pelengkap, akan lengkap ditinjau dari kecukupan gizi serta minum 8-10 gelas (2500ml) sehari. Bagaimana tina apakah sudah mengerti?
Kalau kita mau makan alatnya apa saja tina? Jadi harus ada gelas piring dan sendok yah, sekarang piring gunanya untuk apa? Ya benar sekali untuk menaruh makanan, selanjutnya sendok untuk apa?  Kalau gelas disiapkan untuk apa? Bagus sekali tina sudah bisa menjawab dengan benar, bagaimana kebiasaan sebelum , saat maupun sudah makan? Makan dimeja makan ya? Sebelum makan kita harus cuci tangan pakai sabun. Ya mari kita praktekkan.setelah itu duduk dan ambil makanan. Sebelum disantap kita berdoa dulu. Silakan tina yang pimpn. Bagus. Mari kita makan. Saat makan kita harus mnyupakan makan satu-satu dengan pelan-pelan. Ya mari kita makan. Setelah kita mkan kita bereskan piring dan gelas yang kotor. Ya betul dan kita akhiri dengan cuci tangan. Ya bagus.
6.      Terminasi.
d.      Evaluasi subjektif dan objektif :
Bagaimana perasaan ibu setelah kita belajar makan dan minum? Alat apa saja yang kita gunakan untuk makan? Setelah makan pa saja yang kita lakuakan?.
e.       RTL :
Baiklah ibu kita sudah melakukan latihan cara makan dan minum kita masukan kedalam jadwal ya. Berapa kali akan ibu mau makan? tiga kali sehari? Kalau pagi jam berapa? Sianbg? Malam? Jadi tina bisa tulis dijadwal harian. Selanjutnya jangan lupa untuk melakukan sesuai jadwal yah bu, mandi 2 kali sehari, gosok gigi 2 kali sehari juga, keramas 2 kali seminggu, gunting kuku 1 kali seminggu, ganti baju dan berdandan habis mandi pagi dan sore.
f.       Kontrak yang akan datang :
ü  Topik :
Baik lah ibu besok kita akan ketemu lagi dan membicrakan tentang BAB dan BAK, apakah ibu bersedia?
ü  Waktu :
Ibu mau jam berapa? Bagaimana kalau jam 11:00
ü  Tempat :
Ibu maunya dimana kita berbincang-bincang? Bagaimana kalau di ruang tamu? ? Baiklah bu besok saya akan kesini jam 11:00 sampai jumpa besok bu. saya permisi Assalamualaikum WR,WB.

STATEGI PELAKSANAAN (SP) 4 : MELATIH BAB DAN BAK YANG BAIK.
A.          Proses Keperawatan.
1.      Kondisi Klien.
Data subjektif :
·         Klien mengatakan sudah mandi dan menyisir rambur
·         Klien mengatakan sudah makan pagi dengan baik
·         klien mengatakan tidak tahu cara BAB dan BAK yang baik dan benar.

Data objektif :
·         Klien terlihat bersih dan segar. Rambut tersisir dengan rapi
·         Klien terlihat BAK sembarangan.

2.      Diagnosa Keperawatan.
·         Defisit Perawatan Diri.

3.      Tujuan Tindakan Keperawatan.
a.       Pasien dapat mengetahui cara-cara BAB dan BAK yang baik dan benar.
b.      Pasien dapat melaksanakan cara BAB dan BAK yang baik secara mandiri.

4.      Tindakan Keperawatan.
a.       Mengevaluasi jadwal kegiatan harian pasien.
b.      Menjelaskan cara BAB dan BAK yang baik dan benar.
c.       Menganjurkan pasien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian.


B.           Strategi Komunikasi.
1.            Fase Orentasi.
a.       Salam Terapeutik.
Assalamualaikum bu, Selamat pagi bu, masih ingat dengan saya?
b.      Evaluasi/ Validasi :
Bagaimana dengan perasaan ibu hari ini? Hari ini saya lihat ibu sudah bersih ya, rambut juga sudah disisir rapi, pakai bedak, kukunya sudah digunting, bajunya juga cantik. Bagus sekali. Kalau gosok giginya bagaimana? Bagus sekali ternyata sudah ibu lakukan. Bagaimana makan dan minum hari ini? Jam berapa? Jam 8 ya. Coba saya lihat jadwalnya? Bagus sekali ibu sudah melakukannya. Mandi 2 x sehari sudah dilakukan dengan mandiri, gosok gigi sehari juga sudah, keramas 2 minggu sekali juga sudah mandiri, gunting kuku juga sudah 1 x seminggu, sudah dilakukan secara mandiri. Jadi tina sudah bagus tentang kebersihan dirinya. Kalau berdandan dilakukan sama siapa bu? Oh sudah sendiri bagus sekali. Kalau berpakaiannya bagaimana? Dilakukan sendiri, bagus sekali. Kalau makan dan minum masih dibantu yah. Besok harus sudah melakukannya sendiri yah. Ibu bisa kan ibu pasti bisa karea ibu hebat.
c.       Kontrak :
ü  Topik :
Masih ingat apa yang mau kita bicarakan hari ini. Hari ini kita akan bicara tentang cara BAB dan BAK.  Apakah ibu bersedia?
ü  Waktu :
Berapa lama ibu mau berbincang-bincang? Bagaimana kalau 30 menit?
ü  Tempat :
Ibu mau berbincang-bincang dimana? Bagai mana kalau di ruang tamu?

2.            Fase Kerja.
Baiklah ibu, ibu BAB dan BAK dikamar mandi yah? Hati-hati pakaian jangan sampai kena ya. Lalu jongkok diwc? Bagaimana cara ibu cebok? Bagus sebaiknya ibu cebok yang bersih setelah BAB dan BAK. yaitu dengan menyiram air  dari arah depan ke belakang. Jangan terbalik ya. Cara seperti ini berguna untuk mencegah masuknya kotoran /tinja yang ada dianus kebagian kemaluan kita. Setelah tina selesei cebok, jangan lupa tinja/air kencing tersebut dengan air secukupnya sampai tinja / air krncing itu tidak tersisa dikaskus/ WC. Jika tina membersihkan membersihkan tinja/ air krncing seperti ini, berarti tina ikut mencegah penyebaran kuman berbahaya yang ada pada kotoran / air kencing. Setelah selesei membersihkan tinja/air kencing, tina perlu merapikan pakaian sebelum keluar dari wc. Pastikan resleting sudah tertutup dengan rapi. Dan setelah itu jangan lupa cuci tangan pakai sabun ya bu.
3.            Terminasi.
a.       Evaluasi subjektif dan objektif :
Bagaimana perasaan ibu setelah kita membicarakan cara BAB dan BAK? Apa saja yang dilakukan saat BAB Dan BAK? Bagus sekali bu. Nahsekarang coba ibu sebutkan  cara perawatan diri yang telah kita pelajari dan latih? Bagus sekali.
b.      RTL :
Baiklah ibu kita sudah melakukan latihan cara BAB dan BAK. masukan kedalam jadwal ya. Selanjutnya jangan lupa untuk melakukan sesuai jadwal yah bu, mandi 2 kali sehari, gosok gigi 2 kali sehari juga, keramas 2 kali seminggu, gunting kuku 1 kali seminggu, ganti baju dan berdandan 2 kali sehari habis mandi pagi dan sore, makan 3 kali sehari dan minum 8-10 gelas sehari. BAB dan BAK ditempatnya. Bagaimana bu bisa dilakukan sesuai jadwal. Bagus sekali ibu mau mencoba melakukannya
c.       Kontrak yang akan datang :
ü  Topik :
Baik lah ibu besok kita akan ketemu lagi dan membicrakan tentang halusinasi, apakah ibu bersedia?
ü  Waktu :
Ibu mau jam berapa? Bagaimana kalau jam 11:00
ü  Tempat :
Ibu maunya dimana kita berbincang-bincang? Bagaimana kalau di ruang tamu? ? Baiklah bu besok saya akan kesini jam 11:00 sampai jumpa besok bu. saya permisi Assalamualaikum WR,WB.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar