kembang api


star

Selasa, 03 November 2015

SOP STRATEGI PELAKSANAAN (SP) HALUSINASI.



SOP SETRATEGI PELAKSANAAN (SP) HALUSINASI

Masalah Utama           : Halusinasi pendengaran
A.                PROSES KEPERAWATAN
1.    Kondisi klien:
Ø Petugas mengatakan bahwa klien sering menyendiri di kamar
Ø Klien sering ketawa dan tersenyum sendiri
Ø Klien mengatakan sering mendengar suara-suara yang membisiki dan isinya tidak jelas serta melihat setan-setan.
2.    Diagnosa keperawatan: Gangguan persepsi sensori: halusinasi dengar



B.Strategi Pelaksanaan Tindakan Keperawatan
1.  Tindakan Keperawatan untuk Pasien
Tujuan tindakan untuk pasien meliputi:
Ø Pasien mengenali halusinasi yang dialaminya
Ø Pasien dapat mengontrol halusinasinya
Ø Pasien mengikuti program pengobatan secara optimal

Untuk Pasien :
SP 1. Membantu pasien mengenal halusinasi, menjelaskan cara-cara mengontrol halusinasi, mengajarkan pasien mengontrol halusinasi dengan cara pertama: menghardik halusinasi
NO
ASPEK YANG DINILAI
BOBOT
NILAI


I
Tahap Pra Interaksi




Siapkan alat-alat yang meliputi:
1.      Kertas / Buku catatan
2.      Pena
10%


II
Tahap Orientasi




1.  Sapa klien, ucapkan salam.
Ex : ”Selamat pagi bapak, Saya Mahasiswa keperawatan STIKES ICME JOMBANG yang akan merawat bapak Nama Saya Susi Lestari, senang dipanggil Susil. Nama bapak siapa?Bapak Senang dipanggil apa”
2.  Tanya kabar dan keluhan klien.
Ex : ”Bagaimana perasaan bapak hari ini? Apa keluhan bapak saat ini”
3.  Kontrak waktu.
Ex : ”Baiklah, bagaimana kalau kita bercakap-cakap tentang suara yang selama ini bapak dengar tetapi tak tampak wujudnya? Di mana kita duduk? Di ruang tamu? Berapa lama? Bagaimana kalau 30 menit”
10%


III
Tahap Kerja




1.      Tanyakan tentang halusinasinya.
Ex : ”Apakah bapak  mendengar suara tanpa ada ujudnya? Apa yang dikatakan suara itu?”
2.      Tanyakan waktunya.
Ex : ” Apakah terus-menerus terdengar atau sewaktu-waktu? Kapan yang paling sering D dengar suara? Berapa kali sehari bapak alami? Pada keadaan apa suara itu terdengar? Apakah pada waktu sendiri?”
3.      Tanyakan keluhan klien.
Ex : ” Apa yang bapak  rasakan pada saat mendengar suara itu?”
4.      Tanyakan apa koping sementara klien.
Ex : ”Apa yang bapak lakukan saat mendengar suara itu? Apakah dengan cara itu suara-suara itu hilang? Bagaimana kalau kita belajar cara-cara untuk mencegah suara-suara itu muncul?
5.      Sarankan solusi.
Ex : Bapak , ada empat cara untuk mencegah suara-suara itu muncul. Pertama, dengan menghardik suara tersebut. Kedua, dengan cara bercakap-cakap dengan orang lain. Ketiga, melakukan kegiatan yang sudah terjadwal, dan yang ke empat minum obat dengan teratur.”
6.      Bujuk agar mau melakukan salah satu saran yang telah kamu berikan.
Ex : ”Bagaimana kalau kita belajar satu cara dulu, yaitu dengan menghardik”.
7.      Mulai mengajarkan.
Ex : ”Caranya sebagai berikut: saat suara-suara itu muncul, langsung bapak  bilang, pergi saya tidak mau dengar, … Saya tidak mau dengar. Kamu suara palsu. Begitu diulang-ulang sampai suara itu tak terdengar lagi. Coba bapak peragakan! Nah begitu, … bagus! Coba lagi! Ya bagus bapak D sudah bisa”
60%


IV
Tahap Terminasi




1.       Tanyakan keluhan dan buat kontrak baru. Ex : ”Bagaimana perasaan D  setelah peragaan latihan tadi?” Kalau suara-suara itu muncul lagi, silakan coba cara tersebut ! bagaimana kalu kita buat jadwal latihannya. Mau jam berapa saja latihannya? (Saudara masukkan kegiatan latihan menghardik halusinasi dalam jadwal kegiatan harian pasien). Bagaimana kalau kita bertemu lagi untuk belajar dan latihan mengendalikan suara-suara dengan cara yang kedua? Jam berapa D?Bagaimana kalau dua jam lagi? Berapa lama kita akan berlatih?Dimana tempatnya”
”Baiklah, sampai jumpa.”
10%


V
Tahap Dokumentasi




Catat seluruh hasil tindakan dalam catatan keperawatan*
-          Nama dan tanda tangan
-          Tanggal dan jam pemeriksaan
-          Hasil pemeriksaan
10%



Total Nilai






SP 2 Pasien : Melatih pasien mengontrol halusinasi dengan cara kedua: bercakap-cakap dengan orang lain
NO
ASPEK YANG DINILAI
BOBOT
NILAI


I
Tahap Pra Interaksi




Siapkan alat-alat yang meliputi:
1.      Kertas / Buku catatan
2.      Pena
10%


II
Tahap Orientasi




1.  Sapa klien, ucapkan salam.
2.  Tanya kabar dan keluhan klien.
3.  Kontrak waktu.
Ex : Selamat pagi bapak Bagaimana perasaan bapak hari ini? Apakah suara-suaranya masih muncul ? Apakah sudah dipakai cara yang telah kita latih?Berkurangkan suara-suaranya Bagus ! Sesuai janji kita tadi saya akan latih cara kedua untuk mengontrol halusinasi dengan bercakap-cakap dengan orang lain. Kita akan latihan selama 20 menit. Mau di mana? Di sini saja?
10%


III
Tahap Kerja




1.      Tanpa mengulangi 6 tahap di sp 1 langsung dilanjut untuk mengajarkan cara ke 2  Ex : “Cara kedua untuk mencegah/mengontrol halusinasi yang lain adalah dengan bercakap-cakap dengan orang lain. Jadi kalau bapak mulai mendengar suara-suara, langsung saja cari teman untuk diajak ngobrol. Minta teman untuk ngobrol dengan bapak Contohnya begini; … tolong, saya mulai dengar suara-suara. Ayo ngobrol dengan saya! Atau kalau ada orang dirumah misalnya istri,anak bapak katakan: bu, ayo ngobrol dengan bapak sedang dengar suara-suara. Begitu bapak Coba bapak lakukan seperti saya tadi lakukan. Ya, begitu. Bagus! Coba sekali lagi! Bagus! Nah, latih terus ya bapak!”
60%


IV
Tahap Terminasi




1.       Tanyakan keluhan dan buat kontrak baru. Ex : Bagaimana perasaan bapak setelah latihan ini? Jadi sudah ada berapa cara yang bapak pelajari untuk mencegah suara-suara itu? Bagus, cobalah kedua cara ini kalau bapak mengalami halusinasi lagi. Bagaimana kalau kita masukkan dalam jadwal kegiatan harian bapak. Mau jam berapa latihan bercakap-cakap? Nah nanti lakukan secara teratur serta sewaktu-waktu suara itu muncul! Besok pagi saya akan ke mari lagi. Bagaimana kalau kita latih cara yang ketiga yaitu melakukan aktivitas terjadwal? Mau jam berapa? Bagaimana kalau jam 10.00? Mau di mana/Di sini lagi? Sampai besok ya. Selamat pagi”
10%


V
Tahap Dokumentasi




Catat seluruh hasil tindakan dalam catatan keperawatan*
-          Nama dan tanda tangan
-          Tanggal dan jam pemeriksaan
-          Hasil pemeriksaan
10%



Total Nilai





SP 3 Pasien : Melatih pasien mengontrol halusinasi dengan cara ketiga: melaksanakan aktivitas terjadwal 

NO
ASPEK YANG DINILAI
BOBOT
NILAI


I
Tahap Pra Interaksi




Siapkan alat-alat yang meliputi:
1.      Kertas / Buku catatan
2.      Pena
10%


II
Tahap Orientasi




1.  Sapa klien, ucapkan salam.
2.  Tanya kabar dan keluhan klien.
3.  Kontrak waktu.
Ex : “Selamat pagi bapak Bagaimana perasaan bapak hari ini? Apakah suara-suaranya masih muncul ? Apakah sudah dipakai  dua cara yang telah kita latih ? Bagaimana hasilnya ? Bagus ! Sesuai janji kita, hari ini kita akan belajar cara yang ketiga untuk mencegah halusinasi yaitu melakukan kegiatan terjadwal. Mau di mana kita bicara? Baik kita duduk di ruang tamu.Berapa lama kita bicara? Bagaimana kalau 30 menit? Baiklah.”
10%


III
Tahap Kerja




1.      Evaluasi apakah klien sudah bisa melakukan 2 cara yang kamu ajarkan sebelumnya
Ex : “Apa saja yang biasa bapak lakukan? Pagi-pagi apa kegiatannya, terus jam berikutnya(terus ajak sampai didapatkan kegiatannya sampai malam). Wah banyak sekali kegiatannya. Mari kita latih dua kegiatan hari ini (latih kegiatan tersebut). Bagus sekali bapak bisa lakukan. Kegiatan ini dapat bapak lakukan untuk mencegah suara tersebut muncul. Kegiatan yang lain akan kita latih lagi agar dari pagi sampai malam ada kegiatan
60%


IV
Tahap Terminasi




1.       Tanyakan keluhan dan buat kontrak baru.
Ex : Bagaimana perasaan bapak setelah kita bercakap-cakap cara yang ketiga untuk mencegah suara-suara? Bagus sekali! Coba sebutkan 3 cara yang telah kita latih untuk mencegah suara-suara. Bagus sekali. Mari kita masukkan dalam jadwal kegiatan harian bapak Coba lakukan sesuai jadwal ya!(Saudara dapat melatih aktivitas yang lain pada pertemuan berikut sampai terpenuhi seluruh aktivitas dari pagi sampai malam) Bagaimana kalau menjelang makan siang nanti, kita membahas cara minum obat yang baik serta guna obat. Mau jam berapa? Bagaimana kalau jam 12.00 pagi?Di ruang makan ya! Sampai jumpa.”

10%


V
Tahap Dokumentasi




Catat seluruh hasil tindakan dalam catatan keperawatan*
-          Nama dan tanda tangan
-          Tanggal dan jam pemeriksaan
-          Hasil pemeriksaan
10%



Total Nilai






SP 4 PasienMelatih pasien menggunakan obat secara teratur
NO
ASPEK YANG DINILAI
BOBOT
NILAI


I
Tahap Pra Interaksi




Siapkan alat-alat yang meliputi:
1.      Kertas / Buku catatan
2.      Pena
10%


II
Tahap Orientasi




1.  Sapa klien, ucapkan salam.
2.  Tanya kabar dan keluhan klien.
3.  Kontrak waktu.
Ex : Selamat pagi bapak Bagaimana perasaan bapak hari ini? Apakah suara-suaranya masih muncul ? Apakah sudah dipakai  tiga cara yang telah kita latih ? Apakah jadwal kegiatannya sudah dilaksanakan ? Apakah pagi ini sudah minum obat? Baik. Hari ini kita akan mendiskusikan tentang obat-obatan yang bapak minum. Kita akan diskusi selama 20 menit sambil menunggu makan siang. Di sini saja ya bapak?”

10%


III
Tahap Kerja




1.      Evaluasi apakah klien sudah bisa melakukan cara-cara yang kamu ajarkan sebelumnya
Ex : Bapak adakah bedanya setelah minum obat secara teratur. Apakah suara-suara berkurang/hilang ? Minum obat sangat penting supaya suara-suara yang bapak dengar dan mengganggu selama ini tidak muncul lagi. Berapa macam obat yang bapak minum ? (Perawat menyiapkan obat pasien) Ini yang warna orange (CPZ) 3 kali sehari jam 7 pagi, jam 1 siang dan jam 7 malam gunanya untuk menghilangkan suara-suara. Ini yang putih (THP)3 kali sehari jam nya sama gunanya untuk rileks dan tidak kaku. Sedangkan yang merah jambu (HP)  3 kali sehari jam nya sama gunanya untuk pikiran biar tenang. Kalau suara-suara sudah hilang obatnya tidak boleh diberhentikan. Nanti konsultasikan dengan dokter, sebab kalau putus obat, bapak akan kambuh dan sulit untuk mengembalikan ke keadaan semula. Kalau obat habis bapak bisa minta ke dokter untuk mendapatkan obat lagi. bapak juga harus teliti saat menggunakan obat-obatan ini. Pastikan obatnya benar, artinya bapak harus memastikan bahwa itu obat yang benar-benar punya bapak Jangan keliru dengan obat milik orang lain. Baca nama  kemasannya. Pastikan obat diminum pada waktunya, dengan cara yang benar. Yaitu diminum sesudah makan dan tepat jamnya  bapak juga harus perhatikan berapa jumlah obat sekali minum, dan harus cukup minum 10 gelas per hari”

60%


IV
Tahap Terminasi




1.       Tanyakan keluhan dan buat kontrak baru.
Ex : “Bagaimana perasaan bapak setelah kita bercakap-cakap tentang obat? Sudah berapa cara yang kita latih untuk mencegah suara-suara? Coba sebutkan! Bagus! (jika jawaban benar). Mari kita masukkan jadwal minum obatnya pada jadwal kegiatan bapak Jangan lupa pada waktunya minta obat pada perawat atau  pada keluarga kalau di rumah. Nah makanan sudah datang. Besok kita ketemu lagi untuk melihat manfaat 4 cara mencegah suara yang telah kita bicarakan. Mau jam berapa? Bagaimana kalau jam 10.00. sampai jumpa.”

10%


V
Tahap Dokumentasi




Catat seluruh hasil tindakan dalam catatan keperawatan*
-          Nama dan tanda tangan
-          Tanggal dan jam pemeriksaan
-          Hasil pemeriksaan
10%



Total Nilai





Nilai Batas Lulus = 75%



Tidak ada komentar:

Posting Komentar